Berapa luas lahan untuk tanam pala

Pengin punya pohon yang selalu menghasilkan hingga puluhan tahun lamanya dengan sedikit hama yang menyerang. tentunya bibit pala menjadi pilihan utama. sejak jaman firaun hingga jama belanda.


sudah terbukti pohon pala ( Myristica fragrans ) memang menjadi komoditas internasional dengan kebutuhan minyak atsiri dari biji pala sangat besar. meskipun sudah berabad abad lamanya, tetap saja minyak pala selalu menjadi incaran banyak pengusaha. 





biji pala dan buah pala adalah produk bumbu dengan aromatik khas daerah tropis. namun dari semua negara tropis yang ingin ikut berkecimpung di manisnya berkebun pala, ternyata kualitas minyak pala asal indonesia tetap yang paling bagus. sehingga banyak eksportir nakal yang menjadikan minyak pala indonesia sebagai campuran untuk meningkatkan index kualitas. 


hal ini sudah menjadi jamak saat ada negara yang memiliki pabrik pengolahan sekunder seperti singapura, amerika dan beberapa negara eropa. mereka jelas sekali tidak memiliki kebun pala. hanya membeli dari petani indonesia dan petani dari afrika, amerika tengah atau oceania. kemudian di mixing agar kualitas minyaknya meningkat. 





harga minyak pala indonesia memang paling baik hal ini karena tanah indonesia yang dikurung dengan banyak gunung merapi yang membuat subur tanah disekelilingnya dengan banyak sekali kandungan mineral didalamnya. itu yang membuat beda negara tropis lain yang memiliki kebun pala. pernah suatu waktu indonesia ( daerah maluku ) terjadi kerusuhan yang menyebabkan kondisi keamanan daerah penghasil pala tidak kondusif. 


menyebabkan harga minyak pala di dunia mencapai tingkat tertinggi. melonjak hingga 3 kali lipat dari harga normal. akhirnya mau tidak mau para importir menggunakan minyak pala dari negara lain. itulah mengapa indonesia menjadi kunci penting komiditi pala. sebenarnya tidak hanya pala, ada juga kopi, tembakau dan cengkeh yang juga dipegang indonesia kalau soal kualitas. 





Masalahnya tidak semua orang punya lahan berkebun yang luas. mungkin hanya memiliki 1000 m2 bahkan kurang dari itu. di pulau jawa banyak orang yang membeli 2 batang bibit pala untuk di tanam di pekarangan rumahnya.yang satu batang untuk anak tertua dan yang satunya untuk adiknya. 


seringkali orang tua mewariskan pohon pala disesuaikan dengan banyaknya anak. hal itu sudah berlangsung turun temurun sejak jaman penjajahan karena terbukti panen pala bisa diandalkan untuk kebutuhan bulanan keluarga. 




Berapa idealnya sebuah ekonomi keluarga bisa ditopang dengan menanam bibit pala ? tiap pohon pala yang sudah berumur 5 tahun telah mampu berbuah hingga 100 kg per bulan dengan menghasilkan pendapatan senilai Rp 3.000.000 per bulan. 


sekarang kita menghitung berapa kebutuhan per bulan keluarga kita. jika sudah diketahui, tinggal hita menghitung berapa batang bibit pala yang akan di tanam. selamat berkebun pala. 



kosultasi dan kontrak tanam ; 

STAFF KEBUN

0812 2676 1600