Jual biji legume cover crop

Jual biji Legume cover crops kebun karet dan kebun sawit


Permasalahan utama dalam perkebunan adalah pesatnya gulma yang tumbuh sehingga mengurangi jatah nutrisi untuk tanaman inti. tumpang sari atau intercroof menjadi solusinya. bisa dengan tumpang sari tanaman semusim seperti jagung, pagi lahan kering atau juga dengan penanaman kacang kacangan penutup tanah ( legume cover srop ). 






Selain sebagai penghalang gulma, juga bisa memberikan suplai nitrogen untuk tanah. adapun jenis kacang kacangan ada beberapa varian yaitu ;  CM (Calopogonium Mucunoides) CP ( Calopogonium ), CC ( Centrosema ), PP ( Pueraria ), PJ ( Flemingia ). 






Tanaman yang masuk dalam golongan kacang kacangan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternah. jika sudah mulai mendominasi permukaan tanah. dapat secara teratur dipanen untuk campuran pakan ternak seperti sapi dan kambing. kandungan nutrisinya yang tinggi membantu menaikkan bobot hewan ternak secara signifikan.



Rendam biji dalam air panas bersuhu 80 derajat celcium dan diamkan selama 2 hari agar kulit terluar melunak sehingga akan mempermudah tunas untuk tumbuh. selanjutnya rendam sebentar dalam larutan asam ( bisa menggunakan asam cuka atau asam sulfat teknis 5 % ) selama 10 - 15 menit. kemudian biji di cuci dengan air mengalir.






selanjutnya biji mulai ditebar merata dalam wadah persemaian. jangan terkena matahari langsung. biarkan hingga bertunas. lama tunas tergantung kondisi lingkungan. biasanya antara 3 - 4 minggu. kemudian di pindahkan ke polibag untuk mempermudah penanaman di lahan.


untuk pemesanan, silahkan hubungi ;


staff kebun ;


0812 2676 1600