investasi bibit pala




Pengin tahu investasi yang gak bakal rugi dan gak perlu khawatir jadi tong kosong setelah lama menunggu ? Tahu kan kenapa belanda jauh-jauh dari eropa datang ke indonesia ?




mereka para penjajah datang ke indonesia karena mencari sumber dari rempah rempah yang sangat mereka butuhkan dan salah satunya adalah tanaman pala. begitu banyaknya kebutuhan buah pala dan biji pala serta minyak pala di daratan eropa membuat harga pala menjadi sangat tinggi dan memicu pergerakan dan persaingan antar negara eropa. 





pala bisa dimanfaatkan mulai dari buahnya untuk manisan atau sebagai bahan tambahan masakan, sedangkan biji pala banyak diminati untuk diambil minyak palanya ( nutmeg oil ) sedangkan daun pala juga memiliki kandungan minyak pala meskipun sedikit. 





Jika anda membeli bibit pala dengan tinggi 50 cm dan dipeliharan dengan baik, maka pada tahun ke 3 akan mulai diperoleh panen perdana dan panen tersebut akan terus diperoleh sepanjang bulan hingga tanaman berusia 50 tahun. setiap tahun jika tanaman pala sudah berusia min 6 tahun, rata rata buah pala yang dapat dipanen 5 kg/bulan dan semakin tua umur tanaman semakin banyak buah yang dipanen. 




minyak pala dalam kurun waktu 10 tahun kebelakang, tidak pernah mengalami fluktuasi seperti minya atsiri lainnya seperti ( minyak nilam, sereh wangi, cengkeh dan minyak kayu putih ). Nutmeg oil setiap tahun mengalami peningkatan harga hingga 15 %/tahun. 




dengan jarak tanam 5 m X 5 m maka diperoleh isi dalam 1 hektar sebanyak 400 batang. . tanaman pala tidak perlu penanganan ekstra yang penting dikasih pupuk kandang atau pupuk kimia setiap 3 bulan sekali pada 2 tahun pertama. akan mempercepat proses pembungaan dan saat tanaman mulai berbunga, disarankan diperbanyak pupuknya agar dapat diperoleh panen yang luar biasa. 





Sangat jarang ditemukan pernyakit pada tanamman pala karena pada dasarnya tanaman pala merupakan pestisida alami yang dijauhi oleh serangga dan hama pengganggu lainnya. Tanaman pala juga dapat dipanen kayunya karena memiliki kekerasan yang baik dan bisa juga dipakai sebagai tiang utama rumah dan kayu pala memiliki bau yang khas, sehingga apabila tiang rumah menggunakan kayu pala. akan selalu diperoleh bau ruangan yang khas seperti aromaterapi. 





Jika anda berminat tahu lebih lagi dengan tanaman pala, silahkan hubungi staff kami dalam divisi Nusapalapa Nursery

kosultasi dan kontrak tanam ; 

STAFF KEBUN

0812 2676 1600